Rabu, Maret 05, 2008

KKN Di Era Para Raja-Raja

Pernah ada cerita bahwa di alam wayang ada sebuah kerajaan yang berturut-turut dipimpin oleh raja2 yang KKN.

Pada zaman Raja I : KKN = Kanan Kiri Ngelirik abdi dalem perempuan. Lantaran kesibukan ngurusin para selir, stabilitas kerajaan kacau dan pembangunan ekonomi tidak berjalan. Jaman itu SUKAR NAsi. Rakyat jelata kebanyakan hanya makan gaplek atau tiwul. Singkong sudah masuk kategori mewah.

Zaman Raja II : KKN = Kanan Kiri Nyolong. Kerabat Keluarga Nilep, harta kerajaan habis, tinggal utang yang besar. Jaman itu nafSU HARTA berkembang secara meluas. Banyak rakyat yang tak berdosa dianggap sebagai musuh politik raja, mereka difitnah, dipenjarakan dan dibunuh. Banyak juga murid padepokan tinggi yang diculik, dipanah sampai mati. Pada beberapa daerah kerajaan banyak terjadi perkosaan dan penjarahan. Sungguh merupakan era ORDE BArbar dan RUsak.

Zaman Raja III : KKN = Kecil Kecil Nekat, sehingga tidak lama duduk di singgasananya. Bajunya yang serupa dengan raja sebelumnya membuat rakyatnya sendiri mencemoohkannya. Krisis kepercayaan yang terjadi membuatnya HAbis BIcara BIngung.

Zaman Raja IV : KKN = Keranjingan Keluar Negeri. Masalah dalam negeri, ...punggawa lainlah yang mikirin; gitu aja kok repot ... Keputusan dan sabdanya : `pagi tempe sore kedele`, walhasil nilai barter uang kepeng kerajaan menjadi merosot terus. Banyak yang mengkritik bahwa sang raja lebih baGUS munDUR ...

Zaman Raja V: KKN = Kalem Kalem Nimpe, mudah-mudahan ngga` lah ....... Kalau iya juga mari rame-raME GAgalkan .......

Tidak ada komentar: