Senin, November 22, 2010

Barang Bekas

Setelah berbincang-bincang keempat eksekutif itu jalan-jalan di seputaran Jakarta.

Pada saat melewati daerah Jl. Perintis Kemerdekaan, eksekutif Kanada bertanya, "Untuk apa besi-besi rongsokan itu dikumpulkan?"

Eksekutif Indonesia dengan bangga menjawab, "Oooo, itu kami kumpulkan untuk kemudian kami ekspor ke Jepang."

Eksekutif Jepang dengan tenang menjawab, "Memang kami mengimpor besi bekas dari Indonesia, untuk selanjutnya kami proses jadi mobil dan kemudian kami ekspor ke Indonesia."

Perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Tanjung Priok untuk melihat kegiatan ekspor import.

Pada saat melihat beberapa kontainer sampah kulit jeruk eksekutif Kanada kembali bertanya, "Mau diekspor kemana sampah kulit jeruk tersebut?"

Dengan perasaan menang eksekutif Indonesia menjawab, "Kami selama ini telah berhasil mengekspor sampah kulit jeruk, kulit pisang dan beberapa buah-buahan ke Jepang."

Masih dengan tenang eksekutif Jepepang menjawab, "Kemajuan teknologi kami memang telah dapat memproses sampah kulit buah menjadi sirop yang hasilnya kami ekspor ke Indonesia."

Tambah dongkollah eksekutif Indonesia. Tiba-tiba sebuah kapal yang baru datang dari Jepang merapat, ketika para eksekutif itu mendekat ternyata membawa sejumlah besar kondom bekas. Dengan terheran-heran eksekutif Swedia bertanya, "buat apa kondom bekas pakai itu?"

Eksekutif Indonesia menjawab dengan tenang, "Kami proses menjadi permen karet kemudian kami ekspor ke Jepang."

Tidak ada komentar: